Pramuka Pondok Pesantren SahabatQu Gelar Orientasi KeSakaan untuk Meningkatkan Potensi Pramuka Penegak

Pramuka Pondok Pesantren SahabatQu Gelar Orientasi KeSakaan untuk Meningkatkan Potensi Pramuka Penegak


Pakem - Pondok Pesantren SahabatQu di Padasan, Pakembinangun, Pakem, Sleman, menggelar Orientasi KeSakaan pada tanggal 25 November 2023, yang melibatkan Andalan Cabang Urusan Satuan Karya Pramuka (Saka) Kak Bambang Pamungkas. Kegiatan ini menjadi momen penting seiring dengan penerimaan nomor gugusdepan dari Kwarran Pakem, yang secara resmi dikukuhkan pada bulan Oktober 2023 oleh Ketua Kwarran Pakem.

BACA JUGA : Pengukuhan Rintisan Gudep Ponpes SahabatQu, Terdata Sebagai Gudep Baru di Kwarran Pakem

Kak Fanani, pembina penegak putra di Pondok Pesantren SahabatQu, menekankan pentingnya mengenal satuan karya pramuka bagi peserta didik. Menurutnya, Saka menjadi wadah minat dan bakat khusus yang tidak hanya memperluas jaringan persahabatan, tetapi juga memberikan ruang bagi pengembangan potensi peserta didik. "Saya dan pembina gudep lainnya sepakat bahwa peserta didik kami wajib ikut Saka. Kami berharap dapat membuat pangkalan Saka di pondok pesantren ini," ungkap Kak Fanani.



Kak Bambang Pamungkas, Andalan Saka Kwarcab Sleman, menjadi narasumber inti dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan bahwa saat ini terdapat 14 potensi Saka yang dapat diikuti oleh pramuka penegak, terutama mereka yang sudah ber TKU Bantara. "Manfaatkan keberadaan 14 potensi Saka ini sebagai ilmu gratisan. Selain menambah kecakapan hidup, jangan lupa untuk meningkatkan kecakapan umum dan khusus di pramuka," tegas Kak Bambang, sembari memaparkan beberapa lambang Satuan Karya.


Pada akhir acara, Kak Bambang Pamungkas juga mengukuhkan Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum Penegak Laksana, dengan memberikan Tanda Kecakapan Umum Penegak Laksana.


Acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan foto bersama sebagai penutup, menciptakan kenangan berharga bagi Pramuka Pondok Pesantren SahabatQu. Kesuksesan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk aktif mengembangkan potensi mereka dalam rangka meningkatkan kualitas diri dan kontribusi positif bagi masyarakat.






Post a Comment

أحدث أقدم