Ikut Memeriahkan Keppo #8 Giat Dewan Kerja Daerah DIY, Bahas "Public Speaker"

Ikut Memeriahkan Keppo #8 Giat Dewan Kerja Daerah DIY, Bahas "Public Speaker"

 

KePPo merupakan wadah pengembangan potensi anggota pramuka yang berdomisili di DIY lewat diskusi forum yang menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif dengan topik-topik yang berlandaskan kegiatan kepramukaan.

BACA JUGA : Bertemu Dengan Koordinator MOP Indonesia, Dapat Memorabilia Kepanduan Nepal


KEPPO #8 yang diadakan di Poenakawan Cafe Resto and Gallery Yogyakarta mengangkat tema “Build Your Confidence To Be A Good Public Speaker” (15/4/2023).


Pada kesempatan ini saya berbagi pengalaman “Menjadi Pembicara yang Percaya Diri”, mencoba menceritakan pengalaman ketika memimpin satuan di Gerakan Pramuka dari Dewan Ambalan sampai Dewan Kerja saat Anggota Muda dan sampai sekarang tetap aktif menjadi pengurus Kwartir, itu semua tidak lepas dengan mempelajari ilmu komunikasi yang baik.


“Public speaking dalam dunia bisnis menjadi bagian yang penting seperti mempromosikan produk pada konsumen, memberikan informasi kepada seluruh konsumen terkait produk yang sedang dijual, menyebutkan kelebihan atau keunggulan produk sehingga konsumen semakin tertarik untuk membeli produk tersebut”.

Saya berikan contoh kepada salah satu peserta yang mengenakan Seragam Pramuka Lengkap dengan tanda Satuan Karya beserta Tanda Kridanya (Peserta dari Kwarcab Gunung Kidul) jika public speaking ini dibawa ke Kepramukaan maka produkmu itu adalah Satuanmu, tawarkan ke asyikan dan kenyamanan kepada calon anggota, alat ukur keberhasilanmu adalah banyaknya anggota yang akan gabung nantinya.



Hal-hal dasar dalam public speaking yang wajib diketahui : 


PERCAYA DIRI


Bisa atau tidak bukan masalah. Nomor satunya percaya diri. Hal pertama dan utama yang harus ditanamkan supaya menguasai public speaking adalah percaya diri, tidak lain merupakan kunci dari penyampaian informasi yang baik. Dengan adanya rasa percaya diri, Anda akan lebih mudah untuk menyampaikan sesuatu dan menjalin komunikasi dua arah. Rasa percaya diri juga bisa membuat aura Anda terpancar lebih baik.


POSTUR dan BAHASA TUBUH


Postur tubuh seseorang memperkuat image-nya. Pastikan postur tubuh Anda tegak dan mengarah ke audience. Jika dalam posisi berdiri, buka kaki sejajar dengan bahu. Jangan terlalu kecil ataupun terlalu lebar. Agar tidak merasa lelah dan tegang, Anda juga bisa berjalan perlahan sambil berbicara, namun jangan terlalu cepat, karena akan mengganggu konsentrasi audience. Dalam menyampaikan sesuatu, kamu juga harus menggunakan bahasa tubuh yang baik. Penggunaan bahasa tubuh akan membuatmu tidak terlihat kaku, sekaligus bisa mengurangi rasa grogi.

KENALI AUDIENS


Sebelum mempresentasikan sesuatu, Anda harus mengenali terlebih dulu, siapa audience yang akan dihadapi. Dengan mengenali audiens, Anda bisa menentukan seperti apa pembawaan presentasi. Jika Anda akan menyampaikan presentasi di depan orang-orang penting dan jauh lebih tua, bawakanlah dengan lebih formal. Jika Anda menyampaikan materi untuk orang-orang yang lebih muda, Anda mungkin bisa bersikap lebih kasual.

EYE CONTACT


Saat sedang melakukan public speaking, buatlah kontak mata dengan audience. Kontak mata sangatlah penting, Menjadi tanda jika Anda sedang berbicara dengan orang di depan Anda. Kontak mata akan membuat Anda terlihat lebih berwibawa dan percaya diri. Hindari memandang ke sekeliling atau ke objek mati, karena akan mengurangi respek audience. Dengan melakukan kontak mata, Anda juga secara tidak langsung membuat audience lebih fokus. Tanpa disadari, mereka akan merasa diundang untuk terlibat dan lebih aktif.



Dalam kegiatan ini saya membagikan beberapa memorabilia kepramukaan tema Kak Sultan ( Bapak Pramuka ) dan memorabilia buku dan patch kegiatan Pusbangjusinfo Kwarda DIY, semoga bermanfaat dan kita dapat dipertemukan kembali dalam kegiatan Kepramukaan yang selalu menyenangkan.


Post a Comment

أحدث أقدم