Berkerjasama Dengan Tim Pengabdian Masyarakat UMY, Pramuka Sleman Punya Satgas Kampung Pramuka, Anggotanya Pimpinan Kwarran

 

Berkerjasama Dengan Tim Pengabdian Masyarakat UMY, Pramuka Sleman Punya Satgas Kampung Pramuka, Anggotanya Pimpinan Kwarran

Sleman, 19 Maret 2023 - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersinergi dengan Kwarcab Sleman dan ORARI Lokal Kabupaten Sleman dalam acara Pengabdian Masyarakat Tahun 2023 yang digelar di Kampung Pramuka Bromonilan pada tanggal 19 Maret 2023.

Dalam rangka menjalankan tema "Kesiapsiagaan Elemen Masyarakat dalam Berkontribusi Menghadapi Bencana Alam," Tim Pengabdian Masyarakat yang dipimpin oleh Kak Dr. Drg. Laelia Dwi Anggraini, Sp.KGA, akan berfokus pada pengembangan infrastruktur dan peningkatan keterampilan bagi pengelola Kampung Pramuka Bromonilan Sleman.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kak Drs. Krido Suprayitno, S.E., M.Si., Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) Bidang Pengabdian Masyarakat, Penanggulangan Bencana, dan Lingkungan Hidup (Abdimasgana LH).

Kak Krido memberikan pesan kepada peserta kegiatan untuk selalu berkolaborasi dengan Kampung Pramuka yang ada di Sleman dan DIY. "Kakak-kakak yang kami banggakan, mari bersama kita mensinergikan dan memfokuskan diri untuk membantu kampung-kampung pramuka yang totalnya ada 9 di DIY ini. Mereka membutuhkan uluran tangan kita dalam mengembangkan kampung pramuka," ungkap Kak Krido.

Pada acara pembukaan, Kak Krido didampingi oleh Pimpinan Kwarcab Sleman, Kak Bambang Joko Gambiro, Ketua ORARI Lokal Sleman, Kak Aviv Dihan Kuntoro (YD2UPB), dan Dukuh Bromonilan, Kak Maryono.

Setelah sesi pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai materi, termasuk FGD (Forum Group Discussion) dan Simulasi yang dimoderatori oleh Kak Bambang Pamungkas dari Kwarcab Sleman. Materi pertama disampaikan oleh ORARI Lokal Sleman yang dipimpin oleh Ketua ORARI Lokal Sleman, Kak Aviv Dihan Kuntoro (YD2UPB), yang menjelaskan tentang Komunikasi Radio dan Peta Frekuensinya. 

Materi kedua disampaikan oleh Kak dr. M. Kurniawan, M.Kes, yang menjelaskan konsep pengelolaan kampung pramuka yang sehat dengan lingkungan yang sehat. Materi ketiga, disampaikan oleh Kak Dr. rer. nat. Djati Mardiatno, membahas hal-hal yang perlu diperhatikan terkait kebencanaan di Lokasi Kampung Pramuka Bromonilan. Sedangkan materi keempat, yang disampaikan oleh Dr. Drg. Laelia Dwi Anggraini, Sp.KGA, terkait dengan rencana tindak lanjut program pengabdian masyarakat ini.

Peserta kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini terdiri dari Ketua Kwarran se-Sleman, perwakilan Kwarran Kalasan, dan Pengelola Kampung Pramuka Bromonilan, dengan jumlah total peserta sebanyak 35 orang.

Pada akhir kegiatan, 35 peserta tersebut diresmikan sebagai Satgas Kampung Pramuka yang bertugas bersama Kwarcab Sleman untuk memberikan pendampingan kepada Kampung Pramuka di wilayah Kabupaten Sleman.

Acara ini mencerminkan komitmen UMY dan mitra-mitranya untuk mengembangkan potensi masyarakat dalam menghadapi bencana alam dan meningkatkan kualitas Kampung Pramuka di Kabupaten Sleman. Melalui kerjasama yang kuat, mereka berharap dapat mencapai hasil yang signifikan dalam rangka mendukung kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi tantangan alam.

Post a Comment

أحدث أقدم