Sukses Menyelenggarakan Pameran Memorabilia dan Filateli Pramuka Peringatan Hari Bapak Pandu Dunia ke-166 Kwarda DIY

 

Sukses Menyelenggarakan Pameran Memorabilia dan Filateli Pramuka Peringatan Hari Bapak Pandu Dunia ke-166 Kwarda DIY

YOGYAKARTA - Peringatan Hari Bapak Pandu Dunia ke-166 Tahun 2023 ini bertepatan dengan peringatan ulang tahun pernikahan saya yang ke-6, peringatan Hari Bapak Pandu Dunia atau yang sering disebut BP Days di Kwarda DIY dimeriahkan dengan beberapa agenda kegiatan dimulai dari publikasi tulisan tentang Baden-Powell di web resmi Kwarda DIY dan sosial media pada awal bulan februari, lomba foto mirip Baden-Powell, talk show online tentang filateli pramuka serta memorabilia pramuka, Keppo, dan diakhiri dengan Apel Peringatan.

BACA JUGA : Radar Jogja 31 Mei 2020, Halaman Cover Depan Penuh Dengan Filateli

Untuk memberikan warna yang berbeda pada kegiatan puncak yaitu Apel Peringatan BP Days kami menginisiasi untuk mengadakan pameran benda filateli tema kepanduan dan memorabilia (22/2/2023).



Pameran singkat ini dimulai dari jam 11.00 WIB sampai 19.00 WIB, tak sedikit pengunjung yang menanyakan bagaimana cara merawat dan mendapatkan barang koleksi tersebut bahkan ada yang detail menanyakan sejarah tentang prangko.


Untuk sejarah tentang prangko, pengunjung dapat langsung membaca media cetak Radar Jogja halaman 1 dan 3 yang telah terbit tanggal 31 mei 2020 yang juga menjadi bahan pamer.


Suksesnya pameran singkat ini tidak luput dari bantuan Pusbangjusinfo Kwarda DIY, Kantor Pos Besar Yogyakarta, dan tim filatelipramuka.com yang sebelumnya sudah terlebih dahulu berkoordinasi.


Beberapa koleksi benda filateli yang sudah saya susun menjadi sebuah cerita dan sudah digitalisasi adalah sebagai berikut :


  1. Baden-Powell Chief Scout of The World : https://www.bambangpamungkas.site/hobi/filatelipramuka/baden-powell-chief-scout-of-the-world

  2. Ikut Serta Jambore dari Pathfinder sampai Gerakan Pramuka : https://www.bambangpamungkas.site/hobi/filatelipramuka/ikut-serta-jambore-dunia

  3. Perkemahan Wirakarya Tahun 1968 : https://www.bambangpamungkas.site/hobi/filatelipramuka/wirakarya-1968


Semoga dengan adanya Pameran filateli tema kepanduan dan memorabilia ini memperkuat fundamental Gerakan Pramuka kita dan pentingnya sebuah Gerakan Kepanduan untuk Negara.

Post a Comment

أحدث أقدم