Pembukaan Jota Joti Kwarcab Sleman, Mari Simak Persiapan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Ikut Jota Joti

 

Pembukaan Jota Joti Kwarcab Sleman, Mari Simak Persiapan Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Ikut Jota Joti

bppramukadiy.or.id - Hari ini (14/10/22) Kwarcab Pramuka Sleman bekerjasama dengan ORARI Lokal Sleman menyelenggarakan kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) dan Jamboree On The Air (JOTI), Kegiatan resmi dibuka secara nasional oleh Sekjen Kwarnas, secara daring dan luring.


Pembukaan kegiatan Jota & Joti Kwarcab Sleman dilakukan secara luring bertempat di Grha Pramuka Sleman, dibuka secara resmi oleh kak Murdiwiyono selaku Sekretaris Kwarcab Sleman dan didampingi oleh Ketua ORARI Lokal Sleman Kak Aviv Dihan Kuntoro YD2UPB.


Acara dilanjutkan materi sejarah ORARI dan prosedur pengoperasian radio komunikasi pada band frekuensi Amatir Radio oleh Pengurus ORARI Sleman.




Web pramukadiy.or.id sempat merilis artikel tentang persiapan kegiatan JOTA dan JOTI, informasinya seperti ini  :


Persiapan JOTA


  1. Pesawat Radio Amatir dengan Radio Pancar Ulang. Sangat disarankan untuk dapat mengikutinya melalui pangkalan, kwartir, atau induk lainnya, karena tidak semua individu mempunyai alat tersebut. (sesuai arahan Kwartir Nasional, setiap Kwarda/Kwarcab diminta berkoordinasi dengan ORARI)

  2. Mempelajari dasar-dasar komunikasi dengan radio amatir

  3. Belajar dengan ORARI atau personal yang memahami tentang peralatan Stasiun Radio Amatir beserta fungsinya, prosedur pengelolaan atau penggunaan Radio Amatir

  4. Latihan berbicara di Radio Amatir sesuai prosedur yang berlaku.

  5. Mengetahui dan memahami Kode Etik penggunaan Radio Amatir

  6. Melakukan tata cara pengisian Log Sheet dan QSL Card.

  7. Akan ada Roll Call Pembukaan dan Penutupan dari tingkat Nasional


Persiapan JOTI


  1. Siapkan koneksi internet yang stabil

  2. Browser seperti Mozilla, Chrome, Opera, Safari, untuk chat (https://chat.jotajoti.info) atau aplikasi IRC (seperti mIRC, Android Chat, IRC Cloud, dan sejenisnya) jika melakukan aktivitas menggunakan tulisan

  3. Earphone/headphone untuk mendukung aktivitas kegiatan yang menggunakan suara, seperti Team Speak, Zello, dan lainnya

  4. Webcam, untuk aktivitas video chat, Skype, Zoom, Google Meet, dan lainnya

  5. Memahami peraturan keamanan dari Jotajoti.info dan Safe Activity WOSM untuk pelaksanaan JOTI, jika perlu ikuti e-learning dan kursus singkat Safe From Harm yang disediakan oleh WOSM.


Dari pembukaan kegiatan sampai malam hari saya monitor kegiatan jota-joti di Grha Pramuka Sleman, nampak antusias peserta mengikuti acara tersebut dan saking semangatnya banyak juga peserta yang menginap di Grha tersebut untuk memburu stasiun-stasiun radio amatir jota dari seluruh penjuru dunia.

Post a Comment

أحدث أقدم