Hadir Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kaji Terap Pembesaran Ikan Lele di Kampung Pramuka Bromonilan

 

Hadir Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kaji Terap Pembesaran Ikan Lele di Kampung Pramuka Bromonilan

bppramukadiy.or.id - Kesempatan kali ini saya mewakili Kwarcab Sleman untuk menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Kaji Terap Pembesaran Ikan Lele di Kampung Pramuka Desa Bromonilan (16/9/22).

Bertempat di Ruang Rapat Nila III, Dislautan DIY, Jl.Sagan III/4 Yogyakarta Rakor ini diselenggarakan, melibatkan beberapa Satuan Karya Pramuka (Saka) antara lain Saka Wanabakti, Saka Kalpataru, Saka Tarunabumi, dan Saka Bahari.


Rakor dipimpin langsung oleh Sekretaris Dislautan DIY Kak R Hery Sulistio Hermawan,S.Pi.,M.T Selaku Ketua Pimpinan Saka Bahari Kwarda DIY, " Terima Kasih atas kehadiran kakak-kakak tamu undangan, rapat kali ini kita akan membahas pelaksanaan kaji terap pembesaran ikan lele di Kampung Pramuka Desa Bromonilan, kami menyediakan 4500 benih ikan dan 600 kg pakan (estimasi sampai panen sudah cukup). saya berharap dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam pembangunan beberapa rintisan kampung-kampung Pramuka nantinya". Ungkap Kak R Hery Sulistio Hermawan,S.Pi.,M.T Dalam sambutanya.


Perwakilan Kampung Pramuka Bromonilan Kalasan Sleman diwakili oleh Kak Giryanto " Kami merasa senang dan siap berkolaborasi dengan satuan-satuan yang ada pada rapat koordinasi ini, sejarah Bromonilan tak jauh dari keterlibatan penuh Pramuka Sleman yang saat itu menyelenggarakan perkemahan saka pariwisata, dalam perjalanan dari persiapan sampai pelaksanaan tersebut Bromonilan diangkat menjadi desa wisata dan sekaligus rintisan kampung Pramuka, kami siap sebagai tempat kaji terap program ini ". Ujar kak Giryanto.


Dalam diskusi-diskusi rakor tersebut, saya mewakili Kwarcab Sleman menyampaikan ide dan saran untuk :


  1. Melibatkan kwartir ranting Kalasan sebagai mitra kampung Pramuka Bromonilan untuk kegiatan kaji terap ini (terutama keterlibatan Pramuka golongan penegak dan pandeganya)

  2. Kegiatan kaji terap nantinya bisa dijadikan sebagai wahana orientasi saka bahari di lingkup kerja kwarcab Sleman

  3. Pembentukan Majelis Pembimbing Saka dan Pimpinan Saka Bahari tingkat cabang (Kwarcab Sleman)

  4. Jika kolaborasi antar saka ini terjalin dengan baik, maka dapat ditingkatkan kegiatan menjadi Perkemahan Wirakarya Tingkat Daerah untuk membantu mempercepat pembangunan rintisan kampung Pramuka lainnya.

  5. Kampung Pramuka Bromonilan mempertahankan tanaman bambu sebagai ciri khasnya, karena bambu juga tak jauh dari ciri khas Pramuka juga, mungkin dengan kayanya bambu di Bromonilan dapat memfasilitasi pramuka dalam kreasi bangunan pionering.


Rakor tersebut dihadiri juga oleh Andalan Daerah Urusan Saka, Staf Kwarda, Perwakilan Pimpinan Saka Wanabakti, Saka Kalpataru, dan Perwakilan Kampung Pramuka Bromonilan.

Post a Comment

أحدث أقدم