Pimpinan Satuan Karya Kwarcab Sleman Tingkatkan Kompetensi Wirausaha Melalui Pembinaan

Pimpinan Satuan Karya Kwarcab Sleman Tingkatkan Kompetensi Wirausaha Melalui Pembinaan

Yogyakarta - Pimpinan Satuan Karya Kwarcab Sleman aktif mengikuti kegiatan Pembinaan & Penguatan Saka Wirausaha Tingkat Daerah, yang berlangsung di Hotel Tara, Jl. Magelang, Yogyakarta pada tanggal 25 Januari 2024.


Baca Juga : Saka Wirausaha Pramuka Sleman Menjadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Temu Pinsaka XXVII


Dalam rangka meningkatkan kompetensi generasi muda sebagai calon wirausaha melalui Gerakan Pramuka, kegiatan ini dihadiri oleh para pemimpin Satuan Karya Kwarcab Sleman. Beberapa materi disampaikan, termasuk Pembinaan Generasi Muda Calon Wirausaha Melalui Gerakan Pramuka, Tata Laksana Pelaksanaan Satuan Karya Gerakan Pramuka, Sosialisasi Draf Panduan Pembinaan Saka Wirausaha, dan Inkubasi Bisnis Saka Wirausaha.



Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Saka Wirausaha. Dalam sambutannya, Kak Siwi menyampaikan bahwa program Saka Wirausaha dibentuk sebagai respons terhadap instruksi pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia. Kolaborasi dengan Pramuka DIY dianggap sebagai langkah strategis untuk merangsang minat wirausaha di kalangan anak-anak muda.


"Saka Wirausaha di DIY mulai kami bentuk pada 15 Juli 2023 lalu dengan mengimplementasikan nilai-nilai Gerakan Pramuka untuk menumbuhkan minat wirausaha pada kader Pramuka. Harapannya, ada akselerasi, tapi tetap memerlukan proses dan komitmen. Inilah yang kita lakukan dalam beberapa kegiatan, salah satunya inkubasi bisnis," ungkap Kak Siwi.


Sementara itu, Kak Siti Istiqomah Tjatur Sulistjaningsih, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, yang juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Saka Wirausaha Kwarcab Sleman, menjelaskan bahwa setelah kegiatan pembinaan ini, pihaknya akan menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk fasilitasi Musyawarah Saka, Rapat Kerja Majelis Pembimbing dan Pimpinan Saka, Orientasi Saka, dan Pembentukan Dewan Saka sebagai kelengkapan Organisasi.


Dengan dukungan dan komitmen dari para pemimpin Satuan Karya Kwarcab Sleman, diharapkan Saka Wirausaha mampu melahirkan generasi muda yang kreatif, inovatif, dan siap berkiprah sebagai wirausaha di masa depan.



(*)




Cek disini:

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama