Suksesnya Penutupan Jelitaku XVIII di Dermaga Pantai Glagah, Kwarcab Kulon Progo

Suksesnya Penutupan Jelitaku XVIII di Dermaga Pantai Glagah, Kwarcab Kulon Progo


Kulon Progo - Dermaga Pantai Glagah menjadi saksi keberhasilan Penutupan Jelitaku XVIII Tahun 2023 Kwarcab Kulon Progo yang berlangsung meriah pada tanggal 26 November 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh 304 peserta dari utusan gugus depan, satuan karya, dan satuan komunitas pramuka, menjadikan Dermaga Pantai Glagah sebagai saksi sejarah kegembiraan dan prestasi para pramuka.


BACA JUGA : Hadir Penutupan Kegiatan Jelitaku XVII Tahun 2022, Lokasinya di Kampung Pramuka Purwosari


Menurut Kak Gangsar, Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kulon Progo, Jelitaku XVIII dirancang sebagai pengembaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan prestasi, sekaligus sebagai evaluasi terhadap kualitas pembinaan pramuka penegak dan pramuka pandega di Kwarcab Kulon Progo. Kegiatan ini juga dijadikan sarana pengembangan, pengenalan, dan promosi pariwisata Kulon Progo dengan tagline "Pramuka Beraksi, Raih Prestasi."



"Pengembaraan ini mencakup kunjungan ke destinasi wisata, seperti Taman Budaya Kulon Progo (TBK), Taman Wisata Bambu Air, Waduk Sermo, dan Dermaga Pantai Glagah. Selain pengembaraan, peserta juga aktif dalam beberapa kegiatan prestasi, seperti master chef, pentas seni, stand-up comedy pramuka, dan pramuka idol," kata Kak Gangsar.


Penutupan Jelitaku XVIII di Dermaga Pantai Glagah dimeriahkan oleh Wayang Wisata Istimewa, yang menampilkan seni pementasan wayang khusus dan berbeda dengan pertunjukan lainnya. Kehadiran wayang tersebut memberikan hiburan luar biasa bagi hadirin dan peserta.


Pada acara penutupan, perwakilan dari Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi (Pusbangjusinfo) Kwartir Daerah (Kwarda) DIY juga memberikan kesan dan pesan terhadap penyelenggaraan Jelitaku XVIII. Mereka menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kecakapan umum para peserta, tetapi juga mengembangkan kecakapan khusus pramuka.


"Pelaksanaan Jelitaku XVIII memberikan banyak manfaat, tidak hanya dalam meningkatkan kecakapan umum, tetapi juga memperoleh kecakapan khusus pramuka. Kami memberikan apresiasi tinggi kepada penyelenggara yang telah membuat acara ini sukses," ungkap perwakilan Pusbangjusinfo Kwarda DIY.


Dengan kesuksesan ini, Penutupan Jelitaku XVIII menjadi momentum yang berharga bagi Kwarcab Kulon Progo untuk terus menginspirasi dan membina generasi pramuka yang berprestasi serta mencintai kearifan lokal.






Post a Comment

Lebih baru Lebih lama