Hadir Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Praktis Pramuka UGM 2023, Pusbangjusinfo Kwarda DIY Ajak Menjadi Pewarta Istimewa

Hadir Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Praktis Pramuka UGM 2023, Pusbangjusinfo Kwarda DIY Ajak Menjadi Pewarta Istimewa

Pewarta adalah seseorang yang bertugas melaporkan berita atau informasi kepada masyarakat. Mereka bekerja di media massa seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, atau platform berita online. Tugas utama pewarta adalah mengumpulkan fakta, mewawancarai narasumber, dan menulis atau menyampaikan berita dengan objektivitas dan kebenaran.


BACA JUGA : Simak Rute Trans Gadjah Mada, Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Internal Kampus

Seorang pewarta harus memiliki kemampuan dalam mencari informasi yang akurat dan relevan, serta mampu mengumpulkan data dari berbagai sumber. Mereka harus menjaga independensi dan etika jurnalistik, seperti menghindari konflik kepentingan, memeriksa fakta, dan memberikan ruang untuk berbagai sudut pandang.


Pewarta juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat menyampaikan berita dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca, pendengar, atau penonton. Mereka harus mampu memilih kata-kata yang tepat, mengatur struktur berita, dan memperhatikan kepentingan dan kebutuhan audiens.



Profesi pewarta memainkan peran penting dalam menyediakan informasi kepada masyarakat, memastikan transparansi, dan membantu membentuk opini publik. Dalam era digital saat ini, pewarta juga harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi dan memanfaatkan platform online untuk menyebarkan berita.


Pada Kesempatan ini saya hadir mewakili Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi (Pusbangjusinfo) Kwarda DIY untuk menjadi narasumber kegiatan Pelatihan Jurnalistik Praktis se-DIY yang diselenggarakan oleh Pramuka UGM (20/5/2023).


Lokasi kegiatan ini berada di Ruang B19 Universitas Gadjah Mada yang lokasinya tidak jauh dari Museum UGM.


Kepada puluhan Pramuka Penegak se-DIY yang hadir, saya sampaikan persyaratan apa saja yang harus ditempuh untuk mendapatkan tanda kualifikasi Pewarta Istimewa, tentunya calon Pewarta Istimewa harus mengetahui dasar Jurnalistik terlebih dahulu dengan mengikuti beberapa latihan rutin dan seminar.


Dalam pertemuan ini peserta wajib mencoba mengakses menu Kirim Berita pada web resmi Kwarda DIY http://pramukadiy.or.id/kirim-berita untuk membiasakan calon Pewarta Istimewa mewartakan informasi kepramukaan yang didapatkan.


Setelah materi selesai dilakukan, peserta diajak foto bersama dan dilanjutkan berkunjung ke Museum UGM.




Dokumentasi Foto : Reka Kerja Pramuka UGM


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama