Dari Ikut Serta Raimuna Sampai Menjadi Penegak Laksana

Foto bersama pramuka penegak laksana dan pembina satuan pramuka pangkalan SMA N 1 sleman dan SMA N 2 Sleman Tahun 2022


Gerakan Pramuka dalam proses menyelenggarakan pendidikan kepramukaan berdasarkan Sistem Among, dengan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia.


BACA INI : Tentang Kegiatan Raimuna Sektor Tengah Pramuka Sleman


Dalam rangka Revitalisasi Gerakan Pramuka, untuk menghadapi era globalisasi yang penuh dengan tantangan dan persaingan dalam membina dan mengembangkan anggota Gerakan Pramuka, diperlukan standarisasi dan kualifikasi sumber daya manusia.

Untuk mengembangkan sumberdaya manusia, terutama bagi kaum muda yang menjadi anggota Gerakan Pramuka, diterapkan beberapa metode kepramukaan antara lain sistem tanda kecakapan.

Sistem Tanda Kecakapan Gerakan Pramuka, khususnya Pramuka Penegak meliputi:

1. Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) untuk mencapai tanda kecakapan umum
2. Syarat-syarat Kecakapan Khusus (SKK) untuk mencapai tanda kecakapan khusus

Foto Bersama Sekretaris dan Ketua Dewan Kerja Cabang Pramuka Sleman Usai Rangkaian Acara Penutupan Raimuna Sektor Tengah Tahun 2022


Selasa, 27 Juni 2022, saya mendapat kesempatan untuk membantu mengukuhkan Pramuka Penegak Laksana dari gugus depan pangkalan SMA N 1 Sleman dan SMA N 2 Sleman dimana lokasi pengukuhan di dalam area kegiatan pelaksanaan Raimuna Sektor Tengah.

Dilaporkan masing - masing pembina satuan bahwa yang diajukan sebagai Pramuka Penegak Laksana adalah mereka yang tergabung dalam sangga kerja dan peserta Raimuna Sektor tersebut.

Dengan cerita ini dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk membuktikan kecakapan seorang pramuka mereka dapat diuji dalam menyelenggarakan perkemahan / pertemuan besar, alat ukurnya adalah tingkat kesuksesan terselenggaranya kegiatan tersebut dan agenda kegiatan yang terjadwal pada acara perkemahan / pertemuan itu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama